by

Wali Kota Cirebon Minta Dishub Sinergi dengan Seluruh Sektor

KOTA CIREBON, SC– Wali Kota Cirebon, H Nashrudin Azis meminta Dinas Perhubungan (Dishub) setempat untuk melakukan haromonisasi dengan semua sektor yang berkaitan dengan transportasi.

Permintaan itu disampaikan, Azis saat memimpin Apel Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2021 di halaman Dishub Kota Cirebon,  Jumat (17/9/2021) kemarin.

Azis menilai, keharmonisan dengan seluruh sektor transportasi sangat diperlukan sehingga sektor transportasi dan ketertiban lalu lintas di Kota Cirebon dapat berjalan dengan baik.

“Sesuai dengan tema Harhubnas bergerak harmonikan Indonesia, ini mengandung makna harus bersinergi dengan baik seluruh sektor,” kata Azis.

Selain dengan sektor pariwisata, Azis meminta Dishub untuk saling berkoordinasi dengan dinas lainnya. Menurutnya di masing-masing dinas terdapat berbagai bidang.

“Antar bidang di setiap dinas perlu disinergikan, sehingga tercipta harmoni kerja yang baik di lingkungan dinas di Kota Cirebon,” kata Azis.

Selain itu, Azis juga menilai, Dishub perlu berkoordinasi dan menjalin sinergitas dengan Dinas PUPR terkait dengan jalan, dengan Dinas Lingkungan Hidup terkait dengan kebersihan lingkungan

“Sinergitas antar dinas di Kota Cirebon sangat perlu dilakukan, termasuk dengan pihak lain di luar dari lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon,” kata Azis.

BACA JUGA: MoU dengan BPIP, Rektor IAIN Cirebon: Tak Ada Celah dan Ruang Sedikit pun untuk Gerakan Radikalisme

Seperti dengan Kepolisian RI hingga perusahaan daerah maupun BUMN. Terutama perusahaan-perusahaan yang seringkali melakukan penggalian pipa, seperti Perumda Air Minum, Telkom maupun PLN.

“Dishub harus bisa menjadi koordinator untuk bisa menyinergikan antarinstansi tersebut,” kata Azis.

Sementara itu,  Kepala Dishub Kota Cirebon, Andi Armawan, menjelaskan melalui peringatan Hari Perhubungan Nasional tahun ini mereka perlu untuk menyatukan gerak langkah, bersama-sama menjamin keselamatan pemakai jalan raya.

Diakui Andi, pandemi Covid-19 membuat sejumlah dana yang seharusnya digunakan untuk menyiapkan sarana dan prasarana di jalan raya dialihkan untuk penanganan kesehatan.

“Tapi petugas kami tetap hadir untuk masyarakat 24 jam. Terutama jika terjadi gangguan lalu lintas maupun Penerangan Jalan Umum (PJU),” kata Andi.

Pada peringatan Hari Perhubungan Nasional tahun ini, selain menggelar apel kesiapan juga dilakukan kegiatan sosial berupa pembagian sembako.

“Pembagian sembako selain diberikan untuk panti asuhan juga untuk pelaku perhubungan di Kota Cirebon,” ujar Andi. (Surya)

Comment