by

Yuningsih Dukung Pembentukan Provinsi Cirebon Raya

KOTA CIREBON, SC- Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Yuningsih mengatakan, secara pribadi dirinya mendukung rencana pembentukan Provinsi Cirebon Raya yang digagas para akademisi hingga budayawan yang tergabung di Komite Percepatan Pembentukan Provinsi Cirebon (KP3C) Raya.

Menurutnya, wacana pembentukan Provinsi Cirebon Raya jika terealisasi akan mempermudah segala kebutuhan masyarakat termasuk dalam pelayanan. Namun, kader PKB itu, meminta semua pihak yang tergabung dalam KP3C agar terlebih dahulu mendalami kajian, termasuk syarat-syarat pembentukan provinsi baru.

“Secara pribadi saya mendukung, tapi pembentukan provinsi baru itu sangat tidak mudah, ada persyaratan yang harus dipenuhi,” kata Yuningsih saat dihubungi Suara Cirebon melalui sambungan selulernya, Selasa (28/9/2021).

Untuk memenuhi syarat sebuah provinsi baru, lanjut Yuningsih, harus ada beberapa kabupaten yang sudah aktif. Sedangkan di Wilayah III Cirebon ini baru lima daerah yang aktif, Kabupaten/Kota Cirebon, Kabupaten Kuningan, Majalengka dan Indramayu.

“Kalau untuk melengkapi, Kabupaten Cirebon Timur sudah diusulkan begitu juga Kabupaten Indramayu Barat sudah diusulkan jadi 7 daerah yang akti,” kata Yuningsih.

Perempuan yang juga menjabat Ketua Perempuan Bangsa Jawa Barat itu menilai, pembentukan provinsi baru sangat tidak mudah. Meski diakuinya, akan banyak nilai positif seperti pelayanan yang akan cepat dan mudah.

“Pembuatan provinsi baru saya yakini banyak sisi positifnya dari segi pelayanan akan mempermudah masyarakat, atas dasar itu saya dukung Provinsi Cirebon Raya,” kata Mbak Ning, sapaan akrabnya.

Selain harus memenuhi proses administrasi, sambung Yuningsih, secara anggaran pun harus disiapkan. Sebab, diakuinya, biaya pembentukan provinsi baru tidaklah kecil.

Diberitakan sebelumnya, Sejumlah tokoh mulai kalangan akademisi sampai budayawan menyetujui pembentukan Cirebon Raya sebagai provinsi baru. Provinsi Cirebon Raya yang digagas tersebut melingkupi Kota/Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, Majalengka dan Indramayu.

Ketua Umum Komite Percepatan Pembentukan Provinsi Cirebon (KP3C), Kurniawan Bahtiar selama ini lima daerah tersebut sudah siap untuk menjadi provinsi.

“Kami akan membuktikan kalau Cirebon Raya sudah siap untuk mandiri menjadi provinsi dan kami mempunyai potensi yang sangat luar biasa baik dari sumber daya alam maupun potensi sumber daya manusia,” kata Bahtiar kepada wartawan, usai pengukuhan pengurus baru KP3C di salah satu hotel di Kota Cirebon, Senin (27/9/2021).

BACA JUGA: Wali Kota: Jangan Paksakan Provinsi Baru

Dalam proses pembentukan Cirebon Raya menjadi provinsi, KP3C mendesak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk berdialog dengan sejumlah penggagas yang tergabung di KP3C.

“Kami harap kepada Bapak Gubernur agar segera memperhatikan aspirasi dari masyarakat Cirebon Raya dan kami berharap untuk segera berdialog dengan kami agar mempermudah pembentukan Provinsi Cirebon Raya,” katanya. (Surya)

Comment