by

Minat Baca Masyarakat Perlu Ditingkatkan

CIREBON, SC- Berdasarkan kajian pada tahun 2018, tingkat minat baca di Kabupaten Cirebon sudah cukup. Meski dinilai cukup, namun upaya dan dorongan berbagai pihak khususnya dari komunitas literasi di berbagai sudut Kabupaten Cirebon sangat penting. Sehingga, dapat terus meningkatkan minat baca di Kabupaten Cirebon.

Hal ini disampaikan, Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon, Fitri Nurliasari, di hadapan komunitas literasi, Senin (4/10/2021).

Menurut Fitri, tingkat minat baca di Kabupaten Cirebon tidak di bawah rata-rata. Meski tidak memgang data pastinya, namun Fitri, menyebut secara angka sudah cukup baik .

“Kalau berdasarkan nilai kajian tahun 2018, nialinya (Kabupaten Cirebon) masuk kategori cukup,” katanya.

Karenanya, Pihaknya khususnya pada Bidang Perpustakaan beri support dan apresiasi melalui berbagai cara. Salah satu dukungannya yakni lomba literasi antarkomunitas pada Rabu (29/9/2021) lalu.

Menurutnya dengan adanya pelaksanaan kegiatan lomba dapat memacu kreativitas para pengelola atau pegiat literasi di Kabupaten Cirebon. Hal itu juga momentum pemberian penghargaan bagi kelompok literasi yang kreatif, aktif dan inovatif.

“Lewat lomba kita dapat memberikan penghargaan yang memang diharapkan dapat memicu semangat dan kreatifitas,” ujarnya.

BACA JUGA: Dialog Budaya Keagamaan dan Transformasi IAIN Cirebon ke UISSI, Canggih dan Moderat

Kepada Suara Cirebon, Fitri mengatakan melalui lomba ini besar harapannya agar bermanfaat dalam meningkatkan literasi di Kabupaten Cirebon.

Adapun untuk jumlah atau grafik tingkat minat baca di Kabupaten Cirebon tahun ini masih dalam kajian.

“Tahun ini sedang dikaji lagi,” pungkasnya. (Sarrah)

Comment