by

Kota Cirebon Masuk PPKM Level 2

KOTA CIREBON, SC- Pemerintah kembali mengumumkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 5 Oktober hingga 18 Oktober 2021.

Terkait hal itu, berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 47 tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, Level 2 dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, pada 4 Oktober 2021, Kota Cirebon kini berada dalam PPKM Level 2.

Wali Kota Cirebon, H Nashrudin Azis mengatakan, keberhasilan berada di PPKM Level 2 dari semula berstatus PPKM Level 3 itu tidak lepas dari kerja keras dan sinergi antara Pemerintah Kota Cirebon, Forkopimda dan seluruh elemen masyarakat.

Diakui Azis, dalam beberapa minggu terakhir, kasus Covid-19 di Kota Cirebon terus mengalami penurunan bahkan cenderung melandai. Ia bersyukur, Kota Cirebon yang sempat menjadi daerah  ditakuti karena penyebaran Covid-19 yang tinggi, kini telah berada di PPKM Level 2.

“Alhamdulillah semua itu telah kita lewati. Ini sangat luar biasa, masuknya Kota Cirebon ke level dua sangat saya syukuri. Penurunan kasus ini hasil kerja sama yang baik Pemkot dengan seluruh elemen,” kata Azis, saat memberikan keterangan pers di ruangan Madya At-Taqwa Center, Selasa (5/10/2021).

Keberhasilan penurunan status PPKM Level, lanjut Azis, karena sumbangsih yang sangat luar biasa dari TNI dan Polri. Selama program vaksinasi, menurut Azis, kedua instansi itu banyak menyumbangkan pasokan vaksin, sehingga percepatan vaksinasi di Kota Cirebon sangat tinggi.

“Sumbangsih Pak Kapolres dan Pak Dandim sangat luar biasa,” ujar Azis.

Azis juga menghaturkan terima kasih kepada masyarakat yang antusias mengikuti vaksinasi yang digelar sejumlah pihak di Kota Cirebon. Hal itu menunjukkan tingkat kesadaran masyarakat untuk melindungi orang lain dan diri sendiri sangat tinggi.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman media yang menginformasikan tentang pentingnya vaksinasi,” tandasnya.

BACA JUGA: Masuk PPKM Level 2, Pemkot Cirebon Awasi PTM

Di kesempatan yang sama, Sekda Kota Cirebon, H Agus Mulyadi mengatakan, meski sudah masuk PPKM Level 2, kewaspadaan harus terus ditingkatkan.

“Penurunan level 2 ini, salah satu kriterianya capaian vaksinasi di Kota Cirebon yang sudah mencapai 75 persen. Kota Cirebon termasuk daerah yang sangat cepat percepatan vaksinasinya,” kata Agus.

Menurut Agus, capaian ini berkat dukungan dan kolaborasi antara Pemkot Cirebon dengan TNI dan Polri.

“Kami haturkan terima kasih atas kerja sama ini, semoga penurunan level ini tetap bisa kita jaga dan pengendalian tetap bisa kita lakukan dengan baik,” katanya.

Untuk diketahui, dalam daftar Inmendagri Nomor 47 tahun 2021, ada tiga daerah di Jawa Barat yang masuk PPKM Level 2, yakni Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran dan Kota Cirebon. (Surya)

Comment