by

Geliat UMKM Kembali Meningkat


KOTA CIREBON, SC- Geliat UMKM di Kota Cirebon kembali meningkat terlebih Kota Cirebon sudah memasuki level dua artinya ada kelonggaran untuk aktivitas UMKM. 

Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis berharap masuknya Kota Cirebon di level dua, dapat menggairahkan kembali para pelaku UMKM di Kota Cirebon. 

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Azis disela meninjau standar Gebyar Produk UMKM di Alun-alun Kejaksan dalam rangkat memperingati HUT TNI ke 76 tahun, Selasa (5/10/2021).

Berbagai produk UMKM dari pakaian, makanan dan minuman diapresiasi Wali Kota Cirebon Selain memiliki nilai jual, produk yang dihasilkan memiliki kemasan menarik. “Semoga kegiatan ini bisa membangkitkan perekonomian para pelaku UMKM, kata Azis.

Geliat para pelaku UMKM, membuat Wali Kota Azis optimistis UMKM di Kota Cirebon akan terus bangkit, meski masih dalam kondisi dan situasi pandemi Covid-19. “Kita harus sama-sama optimistis mampu bangkit, ekonomi pulih,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon, drh. Maharani Dewi. Ia menambahkan, Gebyar Produk UMKM di Alun-alun Kejaksan, selama 4-10 Oktober 2021.

Sebanyak 40 pelaku UMKM ikut serta dalam kegiatan ini. Produk yang dipamerkan diantaranya kuliner, fashion, dan kerajinan tangan. Produk-produk tersebut merupakan asli buatan UMKM Kota Cirebon. 

“Kami ingin pamerkan produk asli Cirebon kepada wisatawan yang datang ke Alun-alun Kejaksan. Gebyar Produk UMKM setiap harinya berlangsung pada pukul 8.00-17.00 WIB,”kata Maharani.

BACA JUGA: Kota Cirebon Masuk PPKM Level 2

Ia juga menyampaikan, sejak awal pandemi Covid-19 Pemerintah Kota Cirebon menganggarkan anggaran melalui belanja tidak terduga (BTT).

“Melalui BTT itu pada tahun pertama kemarin, ada 3000 pelaku UMKM yang kami beri bantuan tunai,”kata Maharani.

Lanjut Maharani, pihaknya pernah mengusulkan ke beberapa Kementerian yang konsisten ingin meningkatkan kembali geliat UMKM di Indonesia.

“Tentunya kami berharap geliat UMKM kembali meningkat, kami juga mempunyai tekad untuk terus meningkatkan UMK,” katanya. (Surya)

Comment