by

21 Mahasiswa UMC Kuliah di Luar Negeri, Pamerkan Prestasi di Hari Kedua Mataf

CIREBON, SC- Hari kedua pelaksanaan masa ta’aruf (mataf), Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) pamerkan berbagai prestasi yang berhasil diraih kampus setempat kepada mahasiswa baru.

Menariknya, salah satu prestasi yang membanggakan tersebut yaitu, kampus ini berhasil mengirimkan sebanyak 21 mahasiswanya untuk mengikuti pertukaran pelajar ke luar negeri.

Kabag Kemahasiswaan UMC, M Khozinul Huda menjelaskan, pertukaran pelajar tersebut merupakan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia terkait Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Alhamdulillah ada 21 mahasiswa UMC yang mengikuti program tersebut dan lolos. Nama programnya Mahasiswa Studen Exchange dari Kemendikbud Ristek RI,” jelasnya.

Dia memaparkan, sebanyak 21 mahasiswa tersebut terbagi ke dua universitas di luar negeri, yaitu 11 mahasiswa ke Asia University Taiwan dan 10 mahasiswa ke Lovely Profesional University India.

Khozinul Huda mengungkapkan, ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa yang ingin mengikuti pertukaran mahasiswa tersebut, seperti nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), keterampilan bahasa, dan mengikuti seleksi di Kemendikbud Ristek RI.

“Mereka menjalani perkuliahan di luar negeri itu selama 4 bulan dan ini biasanya dilaksanakan saat libur panjang. Pada tahun akademik 2019/2020 lalu, kita mengikuti pertukaran mahasiswa di tingkat nasional. Namun untuk tahun akademik 2020/2021 ini kita mengikuti pertukaran mahasiswa ke luar negeri,” katanya.

Tidak hanya itu, Khozinul Huda menambahkan, sepanjang tahun akademik 2020/2021 ini pun UMC telah menyabet 25 prestasi di tingkat nasional.

“Ada 25 prestasi non akademik mahasiswa selama masa akademik 2020/2021 di level nasional per Oktober 2021 ini. Yaitu di bidang seni budaya, olahraga, inovasi teknologi, dan sejumlah perlombaan lainnya,” terang dia.

Seperti diketahui, UMC tengah melangsungkan mataf yang diikuti sekitar 2.000 mahasiswa baru kampus setempat selama 3 hari, yaitu Sabtu-Senin (9-11/10/2021).

Untuk hari pertama, mahasiswa baru telah dikenalkan lingkungan universitas, hari kedua dikenalkan terkait organisasi mahasiswa (ormawa), dan hari ketiga dikenalkan terkait fakultas dan jurusan.

BACA JUGA: 2.000 Mahasiwa Baru Jalani Mataf, UMC Siap Terapkan Perkuliahan Tatap Muka

Kepala Biro Humas UMC, Ahmad Yusron SSos MSi memaparkan, ada sejumlah organisasi di kampus setempat yang dilibatkan dalam pelaksanaan mataf hari kedua ini.

“Ada 6 UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa), 3 Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah, Dewan Pimpinan Mahasiswa (DPM) UMC, dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UMC. Ini tingkat universitas, kalau tingkat fakultas dan jurusan pasti lebih banyak dan ramai lagi,” terangnya.

Melalui kegiatan ini, kata Yusron, mahasiswa baru dikenalkan kepada berbagai organisasi yang ada di UMC. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan rekrutmen dan perkenalan lebih mendalam dengan organisasi yang akan mereka pilih untuk berkiprah.

“Harapannya, dengan mengetahui berbagai prestasi UMC tersebut, para mahasiswa baru ini dapat terpacu untuk terus melakukan yang terbaik. Sehingga, prestasi ini dapat berkembang ke bidang-bidang lainnya dan menjuari berbagai perlombaan akademik maupun non akademik, baik di tingkat nasional maupun internasional,” tandasnya. (Arif)

Comment