by

Sampaikan LKPM Tepat Waktu, Sejumlah PMA dan PMDN di Kabupaten Cirebon Peroleh Penghargaan

PEMERINTAH Kabupaten Cirebon memberikan penghargaan kepada sejumlah perusahaan baik Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun Penanaman Modal Asing (PMA) yang patuh dan tepat waktu menyampaikan Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) tahun 2021. Penghargaan tersebut diberikan melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP), di salah satu hotel di kawasan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Rabu (3/11/2021).

Bupati Cirebon H. Imron, mengatakan, penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah kepada perusahaan yang secara tepat waktu melaporkan LKPM. Selain itu, kegiatan tersebut menjadi bahan evaluasi perusahaan selama melakukan kegiatan investasi.

“Berdasarkan data, LKPM yang dilaporkan secara online sebanyak 896 perusahaan per proyek. Dari jumlah tersebut, terdiri dari 440 perusahaan per proyek PMDN dan 456 perusahaan per proyek PMA,” kata Imron.

Imron berharap, kepatuhan dari perusahaan untuk memberikan LKPM dapat meningkatkan ekosistem investasi di Kabupaten Cirebon.

Belum lama ini, menurut Imron, Kabupaten Cirebon membentuk Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Investasi. Tim tersebut dibentuk untuk membuktikan bahwa kabupaten ini merupakan salah satu daerah yang ramah kepada para investor. Dan Pemkab Cirebon sendiri siap membantu semua investor yang ingin berinvestasi di Kabupaten Cirebon.

“Kehadiran investor ini bisa membantu pemerintah dalam pembangunan. Tapi saya ingatkan, perusahaan tidak melupakan CSR, karena kalau pembangunan menggunakan anggaran daerah itu prosesnya lama,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kabupaten Cirebon, Sugeng Darsono mengatakan, LKPM dari perusahaan PMDN/PMA yang diterima oleh pihaknya hingga periode September 2021.

“Aspek yang dinilai adalah administrasi (perizinan, ketepatan waktu laporan, substansi), kegiatan usaha, kontribusi pembangunan daerah terutama UMKM, serta CSR. Tim penilai semuanya independen,” kata Sugeng.

BACA JUGA: DPPKBP3A Klaim Angka Stunting Turun

Di tempat yang sama, Sekretaris DPMPTSP Jawa Barat, Eka Hendrawan mengatakan, hingga September 2021 ini Kabupaten Cirebon berkontribusi terhadap realisasi investasi di Jawa Barat sebesar 4,15 persen atau Rp 4,4 triliun. Ia berharap, Kabupaten Cirebon bisa terus meningkatkan nilai investasi.

“Kabupaten Cirebon itu masuk ke dalam Kawasan Metropolitan Rebana, mohon dimanfaatkan peluang ini,” ujarnya.

Adapun sejumlah perusahaan yang mendapatkan penghargaan tersebut di antaranya, PT Indofood CBP Sukses Makmur, PT Vincent Sheppard Indonesia, dan PT Daiwaboo Industrial Fabrics, PT Ayam Unggul, PT Embe Plumbon Textile, PT Sinar Grandia Jaya, dan PT Garam Nusantara. (Islah)

Comment