by

Waspadai Pohon Tumbang dan Longsor

MAJALENGKA, SC- Memasuki musim hujan, pengendara yang akan melintasi jalur Cigasong-Talaga, Kabupaten Majalengka mesti meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, saat musim hujan, beberapa titik di jalur tersebut rawan longsor dan juga pohon tumbang.

Seperti yang terjadi pada Rabu (10/11/2021) sore. Sebuah pohon berukuran besar tumbang, tepatnya di ruas Desa Tajur, Kecamatan Cigasong. Akibatnya lalu lintas dari arah Cigasong menuju Talaga sempat terputus total. Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa tumbangnya pohon mahoni berusia puluhan tahun tersebut.

Menurut  warga Tajur, pohon berukuran jumbo itu tumbang tak lama setelah hujan deras mengguyur daerah Tajur. “Pohonnya cukup tinggi, dan cukup besar selain menutup jalan, proses pemindahanya juga butuh waktu cukup lama,” kata Jana, warga setempat.

Proses evakuasi pohon dengan cara memotong dengan menggunakan gergaji mesin butuh waktu yang cukup lama, sehingga terjadi antrean panjang kendaraan dari arah Talaga maupun dari arah Cigasong.

Selain pohon tumbang, pengendara juga perlu wewaspadai kemungkinan terjadinya longsor saat melintas di jalur Maja-Talaga. Saat musim hujan ada sejumlah titik yang rawan longsor pada saat musim hujan seperti sekarang.

Sejumlah titik yang sering terjadi tanah longsor pada musim hujan berada di wilayah Kecamatan Maja dan Banjaran. Pada musim hujan sebelumnya longsor sempat terjadi  lebih dari sekali di daerah Maja,tepatnya di kawasan  Cikebo. Rawan longsor juga juga berada di ruas jalan wilayah Kecamatan Banjaran.

BACA JUGA: Satlantas Polres Majalengka Razia Knalpot Bising

Perangkat Desa Cimeong, Kecamatan Banjaran, Rizal mengatakan, saat musim hujan, sama seperti di kawasan Maja, di wilayah Kecamatan Banjaran hingga Wates, Talaga ada sejumlah titik yang rawan longsor saat musim hujan. Sehingga pengendara harus lebih berhati-hati saat melintasi daerah tersebut, terlebih ketika hujan.

“Kecamatan Maja, Banjaran merupakan salah satu wilayah dataran tinggi yang rawan bencana, kami mengimbau kepada warga agar senantiasa waspada, serta berhati hati pada musim penghujan ini,” katanya. (Dins)

Comment