by

Harga Sejumlah Komoditas di Majalengka Merangkak Naik

MAJALENGKA, SC- Harga sejumlah kebutuhan di pasar tradisional mulai merangkak naik. Komoditas yang mengalami kenaikan harga menjelang masuknya bulan Ramadhan di antaranya,cabai dan bawang.

Beberapa komoditi lainnya juga mengalami kenaikan tidak tinggi,seperti harga daging ayam yang naik antara seribu  hingga dua ribu rupiah dari sebelumnya.

Menurut sejumlah pedagang, kenaikan harga sejumlah komoditas tersebut masih fluktuatif, tidak terjadi setiap hari. Dan hanya pada  sejumlah barang saja.Terutama pada cabai dan bawang. ”Kenaikan harga sayuran biasa saja, besok bisa turun lagi. Kecuali untuk cabai domba atau cabai setan,” kata Nono, Selasa (8/3/2022).

BACA JUGA: Polres Majalengka Kembalikan Dua Motor Curian pada Pemiliknya

Harga cabai domba saat ini setiap satu kilogramnya bisa sampai Rp80 ribu, tergantung kualitasnya. Untuk kualitas yang biasa perkilonya bisa mencapai Rp70 ribu. Padahal,  sebelumnya harga cabai domba  hanya Rp40 ribu per kilogram. “Hanya cabai domba saja yang kenaikannya tinggi, yang lainnya biasa saja,” ujarnya.

Selain cabai domba,kenaikan yang cukup signifikan terjadi pada komodittas bawang. Harga bawang merah berdasarkan jenisnya rata-rata naik sebesar Rp5 ribu.

“Harga bawang sekarang antara Rp35 ribu sampai Rp40 ribu per kilogram, bulan kemarin masih di kisaran Rp30 ribu,” kata Entin pedagang sayuran lainnya.

BACA JUGA: Longsoran Tebing di Majalengka Hantam Rumah Warga

Kenaikan sejumlah komoditas tak hanya dikeluhkan para pembeli. Pedagang  juga berharap tidak terjadi lonjakan harga kebutuhan menjelang bulan Ramadhan. Pasalnya kata Entin, kenaikan harga tidak selalu menguntungkan penjual. Sebaliknya kata dia,penjual harus mencari modal tambahan untuk memperoleh barang dari  bandar.

“Keuntungan tidak selalu naik ketika harga komiditas naik, yang ada malah harus cari tambahan modal,” keluhnya.

Senada disampaikan Yati, pedagang lainnya. Dia mengaku keberatan dengan kenaikan harga kebutuhan. Dia berharap, meski akan menghadapi bulan puasa, harga-harga kebutuhan pokok bisa kembali stabil.

BACA JUGA: Harga Daging Naik, Pembeli Menurun

”Kalau semua naik pedagang juga kena imbasnya, apalagi sekarang jualan sekarang sering sepi sejak musim Corona. Mudah-mudahan saja kondisi bisa kembali  stabil,” harapnya. (Abr)

Comment