by

Songsong Ramadhan, Forsiaga Gelar Barikan

KABUPATEN CIREBON, SC– Forum Silaturahmi Warga (Forsiaga) Mutiara Gebang Desa Gebang Kulon, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, menggelar barikan, Kamis (24/3/2022) malam.

Ketua Forsiaga, Ubang Ruswan mengatakan, barikan tersebut digelar dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1443 H.

Menurut Ubang, barikan merupakan acara rutin yang digelar setiap malam Jumat kliwon. Namun, berbeda dengan barikan rutin, barikan menyambut bulan puasa itu dibarengi dengan acara munggahan.

BACA JUGA: Dekopinda Kabupaten Cirebon Komitmen Jalankan Amanat Musda Dekopin Tahun 2020

“Kebiasaan sebagian masyarakat yang beragama Islam, setiap menjelang datangnya bulan puasa warga biasanya melaksanakan munggahan atau mengirimkan doa kepada orang tua dan keluarganya yang sudah meninggal,” katanya.

Menurut Ubang, Forsiaga memfasilitasi masyarakat yang tinggal di Kompleks Perumahan Mutiara Gebang untuk menggelar munggahan secara bersama.

“Kita satukan dengan pelaksanaan barikan,” ujarnya.

BACA JUGA: Pemuda Muhammadiyah Siapkan Kader di Ranah Kebangsaan

Menurutnya, pelaksanaan barikan dan munggahan untuk bermunajat bersama memohon kepada Allah SWT untuk dijauhkan dari bencana dan diberikan panjang umur dipertemukan dengan bulan puasa berikutnya.

Lanjutnya, kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi sesama warga perum Mutiara Gebang baik yang sudah lama tinggal di komplek maupun warga pendatang baru. Dengan demikian, harapannya dapat terjalin keakraban dan kekompakan antarsesama warga kompleks.

“Selain bermunajat bersama, kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi dan menjalin kebersamaan antar warga di Komplek Perumahan Mutiara Geebang ini,” katanya.

BACA JUGA: BKKBN Jabar dan IPKB Bangun Sinergi Baru

Ubang berharap, kegiatan barikan yang sudah berjalan lebih dari setahun ini akan terus berjalan menjadi kegiatan rutin setiap malam Jumat kliwon.

“Forsiaga yang kita bentuk ini tujuannya untuk menciptakan suasana guyub dan kompak antar sesama warga Perum Mutiara Gebang, sehingga alhamdulillah kegiatannya selalu mendapat respons dan dukungan dari sesama warga,” tandasnya. (Baim)

Comment