by

PJJ IAIN Cirebon Ajukan 5 Program Studi Baru

CIREBON, SC- Seiring bergulirnya alih status menuju Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Indonesia (UISSI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon mengajukan pembukaan program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) untuk program studi yang terakreditasi A atau unggul.

Pengajuan PJJ di IAIN Syekh Nurjati Cirebon untuk program studi lain yang terakreditasi A atau unggul tersebut dilakukan setelah kampus setempat sukses membuka program PJJ Pendidikan Agama Islam (PJJ) di fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan (FITK) IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Awalnya, IAIN Syek Nurjati Cirebon mewacanakan membuka program PJJ di semua fakultas yang ada di kampus setempat. Wacana ini kemudian diwujudkan dengan mengajukan lima program studi yang berakreditasi A atau unggul untuk membuka program PJJ.

BACA JUGA: Gaet Mahasiswa Baru, FSEI IAIN Cirebon Sosialisasikan 8 Prodi ke Siswa SMA

Langkah pertama dalam mewujudkan wacana ini adalah dengan menyusun proposal pembukaan PJJ berbagai jurusan tersebut. Berkenaan dengan ini, Lembaga Penjamin Mutu (LPM) melakukan pendampingan penyusunan proposal PJJ lima jurusan ini.

“Ada prodi lain yang menyusul selain PAI untuk PJJ yang akreditasinya A. Ini sedang dibahas dalam FGD ini, proposalnya kemudian nanti disubmit di BAN PT, turun persetujuan kemudian nanti di SK kan oleh Kemenag,” kata Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon seusai membuka Penyusunan Proposal PJJ IPS, PBA, AFI, SPI dan HKI di salah satu hotel di Kota Cirebon, Kamis (10/3/2022).

Kepala LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon, H. Ayus Ahmad Yusuf mengatakan, pengajuan PJJ baru pada lima jurusan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Prodi PAI sendiri telah mengawali membuka program PJJ di IAIN SNJ Cirebon.

BACA JUGA: Sejumlah Aspek Penilaian Kinerja Dosen di IAIN Cirebon Mengalami Modifikasi

“Lima Prodi yang diajukan yakni Tadris ILmu Pengetahuan Sosial (T-IPS), Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Prodi Aqidah Filsafat Islam (AFI)Prodi Sejarah Peradaban Islam ( SPI), Prodi Hukum Keluarga (HK),” kata Ayus.

Ayus menambahkan, FGD Penyusunan Proposal PJJ Baru ini dilakukan sebagai langkah awal pengajuan program PJJ. Ayus juga mengatakan, penyusunan proposal oleh masing-masing prodi yang diajukan untuk selanjutnya disubmit ke Diktis.

“Dalam kaitan dengan hal ini, LPM melakukan pendampingan penyusunan proposal PJJ lima jurusan di IAIN Cirebon,” ujarnya. (Arif)

Comment