by

Jelang Ramadan Harga Kebutuhan Meroket

MAJALENGKA, SC- Menjelang Ramadan harga kebutuhan di pasar tradisonal mulai meroket. Dimulai dari kenaikan harga daging hingga jenis kebutuhan rumah tangga lainnya.

Dari pantauan, harga daging sapi yang sempat turun kembali naik menjadi Rp130 ribu per kilogram. Harga ini pun diperkirakan akan mengalami kenaikan dalam satu dua hari mendatang ,seiring dengan makin dekatnya Ramadan.

”Hari ini harga daging sapi segar untuk lokal Rp130 ribu per kilogram. Untuk besok atau lusa belum tahu, tidak menutup kemungkinan naik lagi,” ujar Rahmat, pegawai kios daging di Pasar Sindangkasih, Cigasong, Rabu (30/3/2022).

BACA JUGA: Droping Minyak Goreng Curah di Pasar Disambut Semringah, Pedagang: Pak Kapolda kalau Bisa Tiap Hari

Menurut Rahmat, harga daging sapi sebenarnya sudah mengalami kenaikan sejak awal Februari lalu. Saat itu harga daging sudah Rp130 per kilogramnya. Harga sempat mengalami penurunan, meski tidak banyak.

“Sempat turun jadi Rp120 ribu untuk pelanggan tetap, kemudian naik lagi menjadi Rp130 ribu,” ucapnya. Kenaikan harga juga terjadi daging domba  dan ayam.

Harga daging ayam yang sebelumnya di bawah Rp40 ribu per kilogram, saat ini sudah menjadui Rp42 ribu. Seperti halnya harga daging sapi, harga daging ayam juga diperkirakan akan mengalami kenaikan dalam satu atau dua hari menjaelang Ramadan.

BACA JUGA: Bupati Sebut Kelangkaan Minyak Goreng Terjadi Secara Nasional

“Hari ini masih Rp42 ribu, sedangkan ayam kampung Rp75 ribu. Untuk besok atau lusa belum tahu. Harganya mungkin bisa berubah, tapi mudah-mudahan tidak ada kenaikan lagi,” harap Euis, salah satu pedagang ayam di Pasar Kadipaten.

Menurut dia, kenaikan harga daging ayam menjelang Ramadan memang sulit dihindarkan. Kenaikan harga daging ayam  dapat dipastikan selalu setiap menjelang Ramadan, ataupun Lebaran nanti.

“Inginnya sih tidak naik, tapi gimana dari bandar harganya juga naik. Pedagang hanya menyesuaikan dengan harga pengambilan. Bila harga dari bandar naik ya ikut naik, kalau harga dari sananya turun ya juga ikut turun. Kalau jualnya mahal atau tidak sama dengan yang lain, kan tidak laku,” ujarnya.

Selain harga daging, harga sejumlah komoditi kebutuhan rumah tangga yang mengalami kenaikan meski tidak tinggi.

BACA JUGA: Jelang Ramadan Ribuan Botol Miras Dimusnahkan

Koordinator Pasar, Supriadi mengatakan, kenaikan harga hanya terjadi untuk beberapa item. Selain hanya beberapa item, kenaikan juga relatif masih kecil.

“Kenaikan harag lainnya relatif stabil, seperti kentang yang naik Rp2 ribu menjadi Rp16 ribu per kilogram. Untuk Cabai jenis Rawit merah, turun Rp10 ribu. Sekarang jadi Rp70 ribu,” jelasnya. (Abr) 

Comment