by

Jalan Baru Watubelah Cirebon Diresmikan, Namanya Jalan Ki Bagus Rangin

KABUPATEN CIREBON, SC- Jalan baru yang menghubungkan Watubelah-Pejambon, Kecamatan Sumber diresmikan Bupati Cirebon, H Imron MAg di momen hari jadi ke-540 Kabupaten Cirebon, Jumat (1/4/2022).

Jalan sepanjang 740 meter tersebut diberi nama Jl. Ki Bagus Rangin. Bupati Imron, mengatakan, pemberian nama Ki Bagus Rangin untuk jalan tersebut berdasarkan masukan dari masyarakat termasuk sejarawan dan budayawan Cirebon.

“Awalnya kita minta masukan dari masyarakat, sejarawan dan budayawan Cirebon untuk memberi nama jalan ini dengan memakai nama para pendahulu atau pahlawan Cirebon,” ujar Imron.

BACA JUGA: Polisi akan Tembak Pelaku Kriminal Jalanan

Menurut Imron, usulan nama yang masuk mulanya ada tiga nama. Ketiga nama itu yakni, Jl Pangeran Wangsakerta, Jl Pangeran Arya Carbon dan Jl Ki Bagus Rangin.

Dari ketiga nama tersebut, kata Imron, kemudian budayawan dan sejarawan Cirebon memilih nama Ki Bagus Rangin. “Kalau saya kan tidak tahu sejarah dari tiga nama itu, jadi sejarawan dan budayawan yang memilih nama Ki Bagus Rangin itu,” kata Imron.

Berdasarkan keterangan yang ia terima, imbuh Imron, Ki Bagus Rangin merupakan sosok pahlawan yang memimpin peperangan terlama melawan kolonial Belanda, yakni sejak tahun 1802 sampai 1818.

“Jadi, Ki Bagus Rangin ini seorang pahlawan, beliaulah yang memimpin perang melawan Belanda,” terangnya.

BACA JUGA: Pembangunan Terminal Ciledug Picu Efek Domino

Ki Bagus Rangin juga disebut-sebut menjadi pengatur strategi dalam perlawanan sengit melawan Belanda yang dikenal dengan perang Kedongdong sesuai dengan daerah yang menjadi pusat perlawanannya kala itu, yakni Desa Kedongdong, Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon. (Islah)

Comment