by

Masjid Jami’al Hidayah Depok Raih Juara Lomba Kebersihan Masjid

KABUPATEN CIREBON, SC- Masjid Jami’al Hidayah, Desa Getasan, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, berhasil menjadi juara dalam perlombaan Kebersihan, Keindahan dan Kemakmuran Masjid (K3M) tingkat Kabupaten Cirebon.

Sekretaris Desa Getasan, Tohir menjelaskan, lomba K3M diadakan dalam rangka menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan masjid.

“Lomba K3M juga merupakan bentuk pembinaan manajemen masjid yang diselenggarakan secara terpadu oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon,” kata Tohir kepada Suara Cirebon, Sabtu (2/4/2022).

BACA JUGA: Puskesmas Kedaton Rutin Tadarus Alqur’an

Menurutnya, penyelenggaraan lomba dilaksanakan Bagian Kesra Setda bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama, organisasi keagamaan yang terdiri dari Dewan Masid Indonesia (DMI), Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Majlis Ulama Indonesia (MUI) dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) tingkat kabupaten.

“Alhamdulillah ini menjadi motivasi kami Pemdes dan DKM masjid untuk lebih baik lagi ke depannya dalam menjaga kebersihan,” ujarnya.

Menurut Tohir, ada tiga unsur indikator penilaian dalam lomba K3M, yakni idaroh atau administrasi, ri’ayah atau pembangunan dan imaroh atau kemakmuran. Penilaian tersebut, lanjut Tohir, bisa menjadi wahana pembinaan tempat ibadah. Sekaligus lebih memaksimalkan masjid sebagai tempat ibadah untuk dapat memotivasi jemaah dalam menjaga kebersihan dan memelihara masjid dan lingkungannya.

BACA JUGA: Lintasan Sejarah Cirebon Hingga Penentuan Hari Jadi Kabupaten Cirebon

“Saya pun mengimbau agar masyarakat tidak berhenti memanfaatkan dan memakmurkan masjid. Jadikan masjid sebagai sarana ibadah dan pendidikan dalam mendalami agama,” katanya.

Hal ini, menurut Tohir, selain sebagai upaya peletakkan dasar pendidikan karakter juga menunjukkan adanya keseimbangan antara pembangunan fisik dan pembangunan mental.

“Semoga dengan adanya lomba K3 masjid dapat mengedukasi masyarakat sekitar tentang optimalisasi fungsi masjid. Masjid harus dioptimalkan sebagaimana pada zaman Rasullullah yakni fungsi sebagai tempat ibadah, pengembangan masyarakat dan persatuan umat,” pungkasnya. (Vicky)

Comment