by

129 KPM di Desa Kejuden Terima BLT DD

KABUPATEN CIREBON, SC- Pemerintahan Desa (Pemdes) Kejuden, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, mengadakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) terkait verifikasi dan validasi data calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahun 2022.

Kegiatan Musdesus tersebut bersama BPD, RT,RW, Puskesos, pendamping desa, dengan tetap mengedepankan protokoler kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Kuwu Kejuden, Nurkaedi menjelaskan, Musdesus ini diadakan untuk menentukan penerima BLT-DD tahun 2022 dan dilakukan harus sesuai dengan aturan dan prosedur yang sudah ditentukan yakni data yang diusulkan oleh setiap RT maupun RW harus benar-benar valid dan harus sesuai realita di lapangan.

BACA JUGA: PT Pos Salurkan BLT pada 3,2 Juta Warga Jabar

“Data tidak ada rekayasa sehingga tidak ada anggapan yang keliru dari masyarakat bahwa penerima BLT-DD ini ada unsur hanya golongan tertentu saja atau dikarenakan ada kedekatan,” ungkapnya, Jumat (15/04).

Jadi, lanjut dia, RT dalam mengusulkan data penerima harus skala prioritas, dan jangan ada penerima ganda artinya kalau sudah menerima bantuan dari sumber lain jangan diajukan. 

Nurkaedi menyampaikan, BLT-DD ini diperuntukan bagi masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan bantuan lainnya sehingga apa yang diusulkan oleh RT maupun RW harus benar-benar valid dan tidak ada penerima ganda dalam mengajukan usulan.

BACA JUGA: Pemdes Cibogo Tuntaskan BLT DD

“Alhamdulillah dalam Musdesus telah disepakati sebanyak 129 KPM dan setiap KPM akan mendapatkan sebesar Rp300 ribu . BLT dari Dana Desa yang diberikan kepada warga insyaallah tepat sasaran dan sesuai dengan aturan pemerintah,” tuturnya .

Kuwu Nuarkaedi memastikan data calon penerima BLT tersebut sudah memenuhi syarat dan data tersebut telah melalui verifikasi di lapangan serta selama pendataan sampai verifikasi.

“Kita lakukan transparan, kita libatkan juga semua pihak untuk yang mendapat bantuan sendiri BLT sebanyak 129 kartu keluarga.” Ujarnya.

BACA JUGA: Pemerintah Desa Sindangjawa Apresiasi Vaksinasi dari Polresta

Dia juga berharap dengan ditetapkannya nama calon penerima menerima BLT DD tersebut tidak akan ada lagi kecemburuan sosial dan prasangka yang kurang baik di masyarakat Desa Kejuden. (Vicky)

Comment