by

Kunjungan Wisatawan ke Kota Cirebon Meningkat Tajam

KOTA CIREBON, SC- Kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Kota Cirebon seperti Taman Air Goa Sunyaragi, Keraton Kasepuhan, Waterland Ade Irma Suryani dan Pantai Kejawanan selama masa libur Lebaran Idulfitri tahun ini meningkat tajam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya mengatakan, peningkatan kunjungan dampak positif dari kebijakan pemerintah yang memperbolehkan masyarakat mudik pada libur lebaran Idulfitri tahun ini.

Pantauan tim Disbudpar, selama delapan hari sebelum dan sesudah lebaran, kunjungan masyarakat ke sejumlah objek wisata itu menembus angka 20.000 lebih pengunjung.

BACA JUGA: PPKM Level 3, Kunjungan Wisatawan di Kota Cirebon Dibatasi 25 persen

“Kebiijkan pemerintah memperbolehkan masyarakat mudik untuk Hari Raya Idulfitri sangat berdampak positif kepada kami yang fokus di sektor pariwisata. Selama delapan hari kemarin, 23 ribu wisatawan mengunjungi sejumlah objek wisata di Kota Cirebon,” kata Agus saat ditemui di ruangan kerjanya, Senin (9/5/2022).

Selain berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan, okupansi (tingkat keterisian kamar) hotel di Kota Cirebon pun, menurut Agus, mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Pantauan dinas dari 60 hotel di Kota Cirebon tertinggi di angka 84,97%.

“Puncak hunian hotel juga terjadi di tanggal 4 sampai 6 Mei kemarin, dari 60 hotel, hasil pantauan kami yang paling tertinggi persentase huniannya itu tertinggi di angka 84,97 persen,” ujarnya.

BACA JUGA: Disbudpar Kabupaten Cirebon Targetkan 1,5 Juta Kunjungan Wisatawan

Diakui Agus, yang menjadi pekerjaan rumah (PR) besar bagi dinas yang dipimpinnya, peningkatan kunjungan wisatawan di Kota Cirebon tidak hanya terjadi saat hari-hari besar.

“PR Kami itu, meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon tidak hanya saat hari-hari besar saat Idulfitri kemarin, tetapi setiap akhir pekan juga bisa menarik wisatawan,” ujarnya.

Pantauan Suara Cirebon di lapangan mendapati, selama libur lebaran Idulfitri tahun ini, kunjungan wisatawan di Taman Air Goa Sunyaragi (TAGS) Kota Cirebon mengalami peningkatan setiap harinya.

BACA JUGA: Kota Cirebon Resmikan Wisata Udara

Wisatawan yang berkunjung tidak hanya dari wisatawan domestik saja, melainkan dari berbagai daerah terdekat. Bahkan ada juga yang dari luar Ciayumajakuning.

Kepala Pemandu TAGS Jajat Sudrajat mengatakan, selama libur lebaran, setiap harinya situs Goa Sunyaragi dikunjungi ribuan wisatawan dari berbagai daerah.

“Selama libur lebaran kunjungan wisatawan ke Goa Sunyaragi setiap harinya diatas seribu,” kata Jajat.

BACA JUGA: Selama Ramadhan Goa Sunyaragi Tetap Beroperasi

Dari ribuan wisatawan ini, Jajat menyebutkan, selain wisatawan domestik dari Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning), wisatawan juga didominasi dari luar Ciayumajakuning

“Dua hari kemarin saja kunjungan wisatawan sampai 1.265 orang. Dari 1.265 itu presentasi nya sebanyak 80% wisatawan dari luar wilayah Ciayumajakuning terbukti dari plat kendaraan,” katanya. (Surya)

Comment