by

Jalani Verifikasi Faktual, Dewan Pers Sambangi Kantor HU Suara Cirebon

KABUPATEN CIREBON, SC- Sekretaris Dewan Pers, Syariful dan anggota Dewan Pers, Ahmad Djauhar menyambangi kantor Harian Umum (HU) Suara Cirebon di Jalan Phyriz 1 Perumahan Taman Kemantren Nomor 4, Kelurahan Kemantren, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Kamis (12/5/2022).

Kedatangan mereka ke kantor HU Suara Cirebon untuk melakukan verifikasi faktual (verfak) setelah verifikasi administrasi dinyatakan lolos sebelumnya.

Dalam verfak tersebut, mereka menginvetarisir semua legalitas perusahaan yang bergerak di bidang media massa ini. Mulai dari akta pendirian perusahaan, keberadaan kantor, sarana penunjang dalam operasional surat kabar, komposisi petugas pengelola berita, hingga mengecek kartu Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di setiap jenjang Wartawan yang terlibat dalam proses penyusunan berita. Termasuk kartu UKW yang harus dimiliki pemimpin redaksi, yakni kartu UKW tingkat utama.

BACA JUGA: Sambangi Kantor HU Suara Cirebon, Direktur RSD Gunungjati: Masukan Media sangat Dibutuhkan

Selain itu, Dewan Pers juga memeriksa kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan semua awak media Suara Cirebon. Mereka juga ingin memastikan semua pekerja media di HU Suara Cirebon mendapat kesejahteraan yang layak. Yakni, gaji sesuai UMK ditambah tunjangan makan dan insentif.

Selain itu, Dewan Pers juga memeriksa satu persatu berita yang terbit di HU Suara Cirebon. Anggota Dewan Pers, Ahmad Jauhar bahkan secara detil meneliti rangakaian kata yang tersaji dalam setiap pemberitaan yang terbit di HU Suara Cirebon.

“Ini penting karena ada fungsi edukasi pada media. Makanya kata-kata yang ditulis juga harus jelas dan mudah dipahami pembaca,” ujar Jauhar.

BACA JUGA: Sambangi Kantor HU Suara Cirebon, Humas dan Diskominfo Harap Jalinan Komunikasi Lebih Kuat

Dari rangkaian inventarisir yang dilakukan Dewan Pers, Ahmad Djauhar menyebut ada beberapa item yang harus diperbaiki. Utamanya terkait transparansi sumber foto dan penulisan sumber foto. Namun, secara umum diakuinya HU Suara Cirebon sudah memenuhi standar yang ditetapkan Dewan Pers.

Usai kegiatan, Ahmad Jauhari menyerahkan Buku Saku Wartawan. Dia berpesan, buku tersebut agar dibaca untuk lebih menambah wawasan awak media Suara Cirebon. (Islah)

Comment