by

Ratusan Tenaga Kesehatan di Majalengka Ikuti Tes Swab Covid-19

MAJALENGKA,SC- Sebanyak 289  tenaga kesehatan di Kabupaten Majalengka mengikuti tes swab Covid-19, Kamis (18/6/2020). Jumlah itu terdiri tenaga kesehatan dari Puskemas dan dari dua rumah sakit di Majalengka.

Kegiatan tes swab juga dilakukan di tiga lokasi berbeda, yakni di halaman Kantor Dinas Kesehatan Majalengka, RSUD Majalengka dan di RSUD Cideres Majalengka.

Kepala Dinas Kesehatan Majalengka, Alimudin mengemukakan pihaknya saat ini fokus ke para tenaga kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19. Para tenaga kesehatan itu, terdiri dari tenaga kesehatan di puskesmas maupun di rumah sakit.

“Kita sedang melakukan tes swab yang saat ini fokus ke tenaga kesehatan, baik yang ada di Puskesmas maupun di rumah sakit,” ujar Alimudin. 

Menurutnya, sebenarnya pihaknya sudah melakukan giat tes swab tersebut sejak kemarin. Terutama, kepada para tenaga medis dari Puskesmas.

“Karena dari Puskesmas jumlahnya banyak jadi sudah dilakukan sejak kemarin,” ucap pria yang menjabat sebagai Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Majalengka tersebut.

BACA JUGA: Petani Cengkeh di Majalengka Keluhkan Harga Jual

Ia menjelaskan, pada hari kemarin para tenaga kesehatan dari puskesmas yang telah di tes swab sebanyak 55 orang. Sedangkan, hari ini berjumlah 105 orang. “Hari ini juga telah dilakukan tes swab di dua rumah sakit di Majalengka,” jelas dia.

Masih disampaikan dia, jumlah para tenaga medis yang telah dites swab tersebut berjumlah 134 orang.

Dengan rincian, di RSUD Majalengka sebanyak 63 orang dan di RSUD Cideres Majalengka sebanyak 71 orang.

“Ya, kita mengutamakan ke tenaga kesehatan yang selama ini menangani langsung, kemudian yang juga kontak erat dalam penanganan dan dikhawatirkan terpapar,” paparnya.

BACA JUGA: Jabar Baik Lakukan Rapid Test Tenaga Medis di Majalengka

Sebelumnya, Tim Gugus Tugas Kabupaten Majalengka juga telah melakukan tes swab massal kepada para OTG dan ODP Covid-19 Majalengka. Hasilnya, seluruh OTG dan ODP sebanyak 60 orang itu dipastikan negatif Covid-19. (Dins)

Comment