by

1.500 Lansia Idap Penyakit Katarak

MAJALENGKA, SC- Penderita penyakit katarak di Kabupaten Majalengka saat ini tercatat sebanyak 1500 orang. Dan dari jumlah tersebut sebagian besar adalah laki-laki. Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Majalengka, H. Gandana Purwana saat acara operasi katarak gratis di Puskesmas Cigasong, Kamis (25/2/2021).

Menurutnya, penyakit tersebut akan selalu ada selagi masih adanya orang yang masuk kategori lanjut usia (lansia). Sebab, penyakit katarak ini cenderung indeks ke orang tua. “Di Kabupaten Majalengka sendiri, pengidap penyakit katarak berjumlah 1.500 rang,” ungkapnya.

Dalam penanganan, kata Gandana Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan Majalengka akan semakin pro aktif terhadap para pengidap katarak tersebut.Termasuk, akan kembali menggelar kegiatan operasi katarak gratis pada bulan Juni mendatang.

“Hal ini dilakukan demi mengurangi beban mereka dan masyarakat bisa beraktivitas kembali seperti sedia kala,” ucapnya.

Untuk pengidap penyakit katarak sendiri, lanjutnya, biasanya didominasi oleh kaum laki-laki. Sebab, laki-laki biasanya banyak melakukan pekerjaan di luar rumah, seperti di Majalengka yang banyak angin, sehingga bisa saja terinfeksi. “Tapi kembali, penyakit katarak ini lebih indeks nya ke umur,” jelasnya.

Sementara operasi katarak gratis yang dibantu RS Cicendo diikuti 50 warga lanjut usia (lansia).Mereka datang dengan didampingi oleh para anggota keluarganya. Sebelum memasuki ruang operasi, para pasien diharuskan menjalankan skrining.

Skrining sendiri merupakan pemeriksaan kesehatan untuk mengetahui apakah seseorang beresiko lebih tinggi mengalami suatu masalah kesehatan. Setelah menjalani skrining, para pasien harus menggunakan pakaian pasien berwarna orange.

Mereka kemudian dipanggil satu persatu oleh petugas dan langsung menjalani operasi katarak yang diselenggarakan.Salah satu pasien yang mendapatkan operasi katarak gratis, Bahrudin (58) mengatakan dirinya merasa senang dapat menjadi salah satu penerima bantuan operasi katarak gratis.

BACA JUGA: Polisi Buru Pelaku Pembuangan Bayi

Ia yang sudah beberapa bulan terakhir mengalami penyakit tersebut mengaku, puas setelah menjalani operasi. “Alhamdulilah tadi lancar. Senang dapat bantuan Operasi ini,” ujar  pria Desa Baribis, Kecamatan Cigasong ini.

Hal senada juga disampaikan pasien operasi katarak gratis lainnya, Sanusi (72) warga Desa Karayunan, Kecamatan Cigasong, Kabupaten Majalengka.Ia yang sudah mengalami penyakit katarak  sejak tiga tahun terakhir mengaku cukup senang dengan adanya program operasi katarak gratis. (Dins)

Comment