by

Arif Budiman Bakal Perkuat Arah Kebijakan Kapolri

KABUPATEN CIREBON, SC- Polresta Cirebon akan memperkuat program presisi yang menjadi arah kebijakan Kapolri dengan memperkuat action plan (rencana aksi) dan eksekusi di lapangan. Upaya Polresta Cirebon akan lebih kuat lagi dengan lebih melindungi, mengayomi, melayani, memelihara kamtibmas dan menegakan hukum yang benar-benar memberikan rasa keadilan bagi masyarakat. Hal tersebut disampaikan Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, Kamis (17/6/2021).

Sebagai Kapolresta yang menggantikan posisi Kombes Pol M Syahduddi, Arif mengaku mendapat banyak pesan dari pendahulunya tersebut. Arif berjanji, bakal meneruskan dan memantapkan lagi program yang sudah berjalan, khususnya dalam hal kamtibmas, pengayoman dan penegakan hukum.

“Termasuk program presisi yang menjadi arah kebijakan Kapolri. Itu akan lebih diperkuat action plan dan eksekusinya di lapangan. Artinya bagaimana Polresta Cirebon lebih melindungi, mengayomi, melayani, memelihara kamtibmas dan menegakkan hukum yang benar-benar memberikan rasa keadilan bagi masyarakat,” ujar Arif.

Namun, kata dia, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah memperkuat sinergitas dengan unsur TNI, Pemerintah Daerah dan lainnya. Terutama dalam hal penanganan Covid-19 dan program vaksinasi yang menjadi agenda prioritas saat ini. Menurutnya, penanganan Covid-19 turut menjadi agenda prioritas di samping pemeliharaan kambtibmas di wilayah hukum Polresta Cirebon.

Ia memastikan kegiatan yang dilaksanakan Polresta Cirebon tidak terlepas dari arah kebijakan Kapolri terkait program presisi itu sendiri.

“Strategi terkait visi misi, program dan sasaran kebijakan akan merujuk ke situ dan sudah dilaksanakan oleh Bapak Kombes Pol M Syahduddi, SIK, MSi. Sehingga kami mentransformasikan untuk mendetailkannya, sekaligus analisa dan evaluasi apabila ada hal-hal yang perlu dikembangkan,” kata Arif.

Sebelumnya, Kombes Pol M Syahduddi, mengatakan, dirinya percaya sosok Kombes Pol Arif Budiman dapat memimpin Polresta Cirebon dengan baik. Pasalnya, kata Syahduddi, Kapolresta Cirebon yang baru ini sempat menjalankan tugas bersama dirinya ketika masih menjabat sebagai Wakapolresta Cirebon.

BACA JUGA: Bupati: Peran Polisi di Masa Pandemi sangat Dirasakan

Saat itu, lanjut dia, seluruh program kegiatan yang telah dibangun dan sistem kebijakan yang telah disusun berawal dari kerja sama keduanya. Sehingga saat memimpin Polresta Cirebon bukan menjadi sesuatu hal yang baru bagi bagi Arif Budiman. Karena telah mengerti dan memahami betul situasi dan kondisinya.

“Ini sesuatu hal yang berharga bagi personel Polresta Cirebon ketika mendapat pimpinan baru yang sosoknya sudah sangat paham dan mengerti situasi kondisi di Polresta Cirebon,” tuturnya.

Syahduddi pun menceritakan pengalaman berharganya selama 1 tahun 7 bulan menjabat sebagai Kapolresta Cirebon. Bahkan, ia menganggap seluruh elemen masyarakat Kabupaten Cirebon sudah seperti keluarganya sendiri. Ia pun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantunya selama menjabat Kapolresta Cirebon, khususnya dalam menjaga situasi kamtibmas. (Islah)

Comment