by

Polresta Cirebon Launching Pelayanan SIM Drive Thru

KABUPATEN CIREBON, SC- Satlantas Polresta Cirebon meluncurkan layanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara drive thru, Kamis (19/8/2021). Dengan inovasi tersebut, perpanjangan SIM di Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Cirebon kini bisa dilakukan dengan cepat. Hanya dalam waktu 5 menit, SIM pemohon sudah selesai dicetak.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, mengatakan, peluncuran pelayanan tersebut sebagai inovasi meningkatkan layanan masyarakat pada momentum HUT ke-76 RI.

“Hari ini kita melaunching SIM drive thru, ini salah satu inovasi yang dilaksanakan terkait dengan penerbitan SIM khusus perpanjangan. Saya tegaskan, ini khusus untuk perpanjangan,” ujar Arif, usai kegiatan tersebut.

Menurut Arif, layanan drive thru tersebut melayani perpanjangan SIM A dan SIM C dengan durasi pelayanan yang lebih cepat dari biasanya. Peningkatan pelayanan dengan sistem drive thru, diakui Arif merupakan bagian dari kreativitas Satlantas Polresta Cirebon di era pandemi seperti saat ini.

“Mekanismenya masih sama, tapi kita potong birokrasi-birokrasinya. Selain itu pelayanannya sangat memperhatikan protokol kesehatan. Bahkan, dalam pelayanan SIM drive thru ini pemohon dengan petugas tidak harus bersentuhan,” ujar Kapolresta.

Pada pelaksanaannya, kata Arif, pemohon akan dicek suhu tubuhnya kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan. Kemudian pemohon akan mengikuti tahap selanjutnya sebagaimana aba-aba yang diberikan oleh petugas, yakni melakukan identifikasi sidik jari, foto, kemudian pembayaran PNBP. Setelah itu, tidak berselang lama pemohon bisa langsung mengambil SIM di mesin pencetak SIM.

“Semua yang dilakukan dalam rangka untuk mencukupi syarat formil perpanjangan SIM. Tadi kami mencoba berikan timer waktu untuk pemohon, hasilnya rata-rata menghabiskan waktu 4 sampai5 menit di SIM drive thru ini,” kata Arif.

BACA JUGA: Polres Ciko Siapkan Warung Keliling Gratis

Ditambahkan Arif, SIM drive thru tersebut rencananya akan dilakukan secara terjadwal dan mobile hingga ke daerah-daerah pelosok di seluruh wilayah hukum Polresta Cirebon. Pihaknya berharap, inovasi ini semakin meningkatkan kualitas pelayanan Satlantas Polresta Cirebon sekaligus lebih mempermudah, mengefektifkan, dan mengefisienkannya sehingga masyarakat Kabupaten Cirebon merasa nyaman serta puas atas pelayanan yang diberikan.

“Kami akan menjadwalkan SIM Drive Thru ini secara mobile mendatangi masyarakat hingga daerah-daerah pelosok. Pendaftarannya bisa dilakukan langsung di lokasi drive thru,” pungkasnya. (Islah)

Comment