by

KP3C Banjir Dukungan dari Anggota Dewan

KOTA CIREBON, SC- Pembentukan Provinsi Cirebon Raya yang kembali diwacanakan Komite Percepatan Pembentukan Provinsi Cirebon Raya (KP3C), menuai pro dan kontra di masyarakat.

Selain mendapat dukungan akademisi hingga budayawan, wacana pembentukan Provinsi Cirebon Raya juga mendapat penolakan dari dua kepala daerah di Wilayah III Cirebon, yakni Bupati Majalengka, Karna Sobahi dan Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis.

Namun, tanggapan berbeda justru datang dari para politisi yang duduk di DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi hingga DPR RI. Anggota DPR RI, seperti Herman Khaeron dari Fraksi Demokrat dan Maman Imannulhaq dari Fraksi PKB mendukung pembentukan Provinsi Cirebon Raya.

Herman Khaeron menilai, pembentukan Provinsi Cirebon Raya sangat penting. Ia juga memandang Cirebon Raya yakni Kota dan Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Majalengka dan Kabupaten Kuningan sudah mampu memisahkan diri dari Provinsi Jaw Barat.

“Pembentukan Provinsi Cirebon Raya sudah lama kami bahas, bahkan saya juga masuk dalam pembina pembentukan Provinsi Cirebon Raya,” kata Herman Khaeron saat dihubungi melalui sambungan selulernya, Kamis (30/9/2021).

Pria yang akrab disapa Hero itu menyatakan, tim telah mengkaji dari seluruh aspek teknis dengan matang, baik dari ketersediaan kantor sumber daya alam dan SDM.

“Namun beberapa hal juga harus jadi pertimbangan. Karena Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil belum memberikan respon positif soal pembentukan Provinsi Cirebon Raya,” katanya.

Menurutnya, Gubernur Jawa Barat lebih mendukung pemekaran kota atau kabupaten di beberapa wilayah yang dianggap sudah cukup untuk dimekarkan.

Sementara, anggota DPR RI Maman Imannulhaq menilai pembentukan Provinsi Cirebon Raya sangat penting dilihat dari beberapa hal, yakni, penguatan SDM yang dinilai masih kurang dan pemerataan pembangunan.

“Sumber daya manusia di Cirebon Raya ini sangat melimpah tetapi kurang optimal, dari segi pemerataan pembangunan masih banyak rumah di Jawa Barat tidak memiliki MCK. Kita ingin berdirinya Provinsi Cirebon Raya ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dari berbagai aspek,” jelas Maman.

BACA JUGA: KP3C: Provinsi Cirebon Raya Perjuangan Rakyat

Selain anggota DPR RI, anggota Fraksi PKB DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj Yuningsih menyatakan dukungannya atas wacana pembentukan Provinsi Cirebon Raya.

“Secara pribadi saya mendukung, tapi pembentukan provinsi baru itu sangat tidak mudah harus ada persyaratan yang harus dipenuhi,” kata Yuningsih.

Sementara itu, dukungan pembentukan Provinsi Cirebon Raya juga datang dari Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati. Affiati menilai adanya Provinsi Cirebon Raya akan mempermudah pelayanan masyarakat.

“Saya ikuti yang terbaik saja, kalau memang Cirebon setelah dijadikan provinsi menjadi lebih baik, kenapa tidak kita dukung. Ini menurut pendapat pribadi,” kata Affiati. (Surya)

Comment