by

Dinilai Peduli Wartawan, Bupati Karna Dapat Penghargaan

MAJALENGKA, SC- Dinilai peduli dengan wartawan, Bupati Majalengka H. Karna Sobahi diganjar penghargaan. Penghargaan diberikan PWI Jawa Barat, pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 yang digelar di Grand Sunshine Resort dan Convention Kabupaten Bandung, Rabu (24/3/2022).

Selain Bupati Karna, anugerah serupa juga diberikan PWI Jawa Barat kepada lima kepala daerah lainnya, yakni Gubernur Jabar, Bupati Indramayu, Bupati Karawang, Bupati Cianjur dan Bupati Bandung.

Sebelum apresiasi disematkan, kegiatan diisi dengan beragam penampilan kesenian dan kebudayaan daerah yang mampu menghipnotis para tamu undangan. Termasuk orasi jurnalistik dari Gubernur Jawa Barat HM. Ridwan Kamil melalui trapping video yang disiarkan secara terbuka.

BACA JUGA: Bupati Karna Tak Tertarik Wacana Provinsi Cirebon

Ketua PWI Provinsi Jawa Barat H Hilman Hidayat menuturkan, anugerah yang diberikan kepada para kepala daerah melalui hasil seleksi yang sangat ketat dengan berbagai kajian dan analisa. Terutama indeks kemerdekan pers di daerahnya dinilai terus membaik.

“Indeks kemerdekaan pers saat ini di Jawa Barat terus meningkat dengan meraih peringkat kedua tingkat Nasional. Ini menandakan jika indikator kemerdekaan pers semakin baik. Kendati masih ada juga intervensi yang mengganggu ruang redaksi dan itu menjadi hambatan kemerdekaan pers,”ujar Hilman.

Menurut Hilman, penghargaan bertajuk Ajen Pangaping bagi kepala daerah dan pimpinan instansi terkait lainnya, karena dinilai memiliki kepedulian dan perhatian yang tinggi terhadap insan pers dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

BACA JUGA: Bupati Karna Minta Hukum Ditegakkan, Tindak Tegas Pelaku yang Menyebabkan Dua Warganya Tewas

“Kepedulian terhadap wartawan pun menjadi salah satu kriteria penilian diraihnya penghargaan,” ucapnya.

Bupati Majalengka H Karna Sobahi mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang diberikan PWI Jabar. Tentunya apresiasi ini akan memacu sinergitas yang lebih baik lagi bersama rekan – rekan media, terutama dengan wartawan yang tergabung dalam PWI Kabupaten Majalengka.

“Wartawan merupakan profesi mulia dalam memberikan informasi kepada publik dan mempunyai pengaruh besar. Karena itu, wartawan hendaknya menyampaikan berita baik dan positif ke masyarakat. Kontrol sosial yang disampaikan lewat berita pun harus benar, sesuai fakta dan memberikan solusi,” ujar Karna dalam sambutanya usai menerima penghargaan.

BACA JUGA: Bupati Karna Sobahi akan Dorong Produksi Sepeda Listrik Majalengka

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Majalengka, H Gatot Sulaeman yang mendampingi Bupati Karna berharap, media massa dapat menjadi mitra strategis pemerintah dalam memberikan informasi yang edukatif dan mencerdaskan kepada masyarakat. Baik yang berkaitan dengan pembangunan di Majalengka maupun kritik yang konstruktif.

“Kami berharap pers di Majalengka dapat menjadi garda terdepan dalam memerangi berita hoax yang saat ini banyak bertebaran di media sosial. Media punya peran penting dalam meluruskan opini sesat yang berkembang saat ini,” kata Gatot didampingi Kabid Informasi H Aef Syarif Hidayat dan Kasi Komunikasi Ondi. (Abr)

Comment