by

Karang Taruna Cisaat Sulap Halaman Balai Desa Jadi Kafe

KABUPATEN CIREBON, SC- Karang Taruna (Katar) Desa Cisaat, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, memaksimalkan halaman balai desa setempat, untuk dijadikan halaman serba guna, salah satunya membangun usaha kafe agar suasana halaman lebih hidup dan produktif. Hal itu dilakukan dalam menggali upaya potensi desa melalui kegiatan anak muda.

Kuwu Cisaat, Toto Suharto, mengakui saat ini halaman balai desanya terkesan menjadi halaman yang tidak produktif. Ide Katar setempat yang ingin memanfaatkan halaman desa tersebut, disambut baik pihaknya.

“Gagasan tersebut datang dari anggota Karang Taruna agar bisa terlihat hidup dan juga produktif, dengan demikian  para pemuda  dapat  mengembangkan ekonomi skala desa,” ujarnya kepada Suara Cirebon, Kamis (7/4/2022).

BACA JUGA: Camat Ingin Diberi Kewenangan Perencanaan, Sebut Tanpa Dukungan Pemkab Cirebon Potensi Kecamatan tak Berkembang

Menurutnya, gagasan itu sejalan dengan rencana program Pemdes di tahun anggaran 2022 ini. Terlebih saat ini halaman desa itu hanya ada tanaman rindang dan rumput.

Toto mengatakan, Pemdes berencana akan merevitalisasi halaman balai desa yang nantinya akan menjadi tempat serba guna agar tidak terkesan kumuh.

“Di dalamnya bisa untuk lapangan bola voli, basket dan jogging atau senam ibu-ibu PKK,” katanya.

Ditambahkan Toto,  keinginan Katar untuk memanfaatkan halaman menjadi wisata kuliner patut diapresiasi. Pihaknya akan merespons keinginan tersebut, karena tujuannya positif dalam meningkatkan ekonomi warga setempat.

BACA JUGA: Perbaikan Jalan Kabupaten Cirebon Dikebut

Pemdes, lanjut Toto,  akan memfasilitasi dengan membangunkan kios di pojok halaman. Kemudian untuk tempat duduk pengunjung disediakan meja kursi dengan memanfaatkan area lapangan yang bisa dibongkar pasang.

Selain itu, juga akan ditambah ornamen lampu, sehingga diharapkan halaman balai desa nantinya bisa lebih hidup.

“Siang digunakan untuk sarana olahraga dan malamnya dimanfaatkan untuk usaha Karang Taruna. Saat ini para pemuda Desa Cisaat kalau mau santai sambil minum kopi, jauh sampai ke Ciledug, makanya coba kita menggali potensi itu dengan meramaikan desa sendiri,” terangnya.

BACA JUGA: Polsek Pabuaran Sita Ribuan Petasan dan Ratusan Liter Miras

Lebih lanjut Toto menjelaskan, saat ini pihaknya baru membangun areal lapang voli, sambil menunggu anggaran Dana Desa (DD) tahap satu cair. Setelah itu pembangunan akan dilanjutkan secara menyeluruh.

Ia berharap Katar dapat berkolaborasi dengan BUMDes dalam pengelolaan dan manejemen tempat ngopi tersebut, sehingga prospek usaha akan lebih terkoordinir dan dapat meningkatkan PADes.

“Semoga nantinya geliat perekonomian  Desa Cisaat ini akan menarik pelaku usaha maupun penggiat UMKM untuk berinvestasi sehingga menjadi desa yang maju dan sejahtera masyarakatnya,” pungkasnya (Baim)

Comment