by

Vaksin Booster Tidak Batalkan Puasa

KOTA CIREBON, SC- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Cirebon meminta masyarakat tak perlu khawatir melakukan vaksin booster di saat bulan Ramadhan, karena tidak akan membatalkan puasa.

Hal itu dikatakan Ketua IDI Kota Cirebon, M Edial Sanif kepada Suara Cirebon usai menghadiri sumpah dokter di Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ), Senin (11/4/2022).

“Pada prinsipnya vaksin booster tidak akan membatalkan puasa, yang ingin divaksin tidak usah khawatir karena ini termasuk pengobatan,” kata Edial.

BACA JUGA: Layanan Vaksinasi Booster Dipermudah

Edial mengharapkan masyarakat yang belum divaksin baik itu booster ataupun yang belum vaksin sama sekali untuk segera divaksin.

“Hanya saja, masyarakat yang ingin divaksin booster harus dalam keadaan sehat,” ujarnya.

Ia memastikan, vaksinasi saat berpuasa tidak akan menimbulkan efek apapun.

BACA JUGA: Kejar Target Booster, Kapolda Jawa Barat: Kita Akan Laksanakan Vaksinasi Usai Salat Tarawih di Sejumlah Masjid Besar

“Malahan vaksin booster ini membuat semakin lebih baik dan meningkatkan imun tubuh, bahkan risikonya akan lebih baik,” katanya.

Dia menyarankan, setelah menerima vaksin sebaiknya mengurangi aktivitas berat, agar vaksin bekerja optimal.

“Setelah vaksinasi booster, tidak melakukan aktivitas fisik yang berat, karena dikhawatirkan menimbulkan kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI),” jelasnya. (Surya)

Comment