by

Kesiapan Pengamanan Arus Mudik Dicek

KABUPATEN CIREBON, SC- Satlantas Polresta Cirebon menyiapkan skema pengamanan arus mudik Lebaran tahun ini. Sejumlah hal yang terkait dengan arus mudik Lebaran pun dilakukan pengecekan, mulai kesiapan jalur, menghitung penggal-penggal jalan atau putaran leter u (u-turn), pengecekan sarana prasarana seperti rambu-rambu, tolo-tolo, barier dan lainnya.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman, menyampaikan, pengecekan sarana prasarana tersebut sebagai persiapan mengatur skema pengamanan arus mudik Lebaran pada tahun 2022 ini. Termasuk mempersiapkan jalan yang bakal dijadikan sebagai jalur alternatif apabila terjadi kepadatan arus.

“Termasuk kita juga kita akan persiapkan skema apabila dilakukan one way atau contra flow sepenggal, khususnya di jalan alteri,” kata Kapolresta, Selasa (12/4/2022).

BACA JUGA: Kabar Gembira, Mudik 2022 Dilonggarkan, Kapolda Jawa Barat: Namun…

Menurut Arif, skema dan cara bertindak (CB) dalam pengamanan arus mudik Lebaran nanti bakal diseragamkan dengan Polres dari daerah tetangga seperti Polres Cirebon Kota dan lainnya. Karena itu, skema tersebut akan dikoordinasikan terlebih dahulu dengan Polres tetangga tersebut.

“Kita koordinasikan dengan rekan Polres tetangga untuk membuka keseragaman dalam bertindak di pengamanan arus mudik Lebaran,” kata Arif.

Berdasarkan data pada mudik sebelumnya, menurut Arif, tahun ini diprediksi akan ada 85 juta warga yang melaksanakan mudik ke kampung halamannya masing-masing. Dari jumlah tersebut, sebagian warga melakukan mudik menggunakan sarana transportasi udara, laut dan kereta api. Selebihnya, pemudik menggunakan sarana transportasi darat.

BACA JUGA: Pembangunan Terminal Ciledug Picu Efek Domino

Untuk warga Kabupaten Cirebon, Arif menyebut ada sekitar 200 ribu warga yang akan melaksanakan mudik ke Kabupaten Cirebon. Jumlah tersebut belum menghitung pemudik luar daerah yang dipastikan bakal melintas di Kabupaten Cirebon.

Karena itu, pihaknya juga memastikan bakal ada penambahan sarana prasarana di beberapa titik di jalur mudik baik arteri maupun tol. Sehingga, pihaknya akan terus meng-update kesiapan kondisi sarana prasarana, lalu lintas, kelaikan jalan dan rambu yang akan digunakan dalam rangka operasi Lebaran nanti.

“Saat ini jumlah tolo-tolo yang kita siapkan ada 400, barier 500, dan petunjuk arah juga kita update semua,” pungkasnya. (Islah)

Comment