by

Suplai Standar Picu Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok Masyarakat

KOTA CIREBON, SC- Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon mencatat, ada sejumlah kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) yang mengalami kenaikan harga selama bulan Ramadhan.

Kepala DKUKMPP Kota Cirebon, Iing Daiman mengatakan, selain adanya sejumlah kebutuhan pokok yang naik, ada pula yang harganya fluktuatif.

“Berdasarkan update harga kebutuhan pokok masyarakat, diketahui sejumlah Kepokmas yang naik merata yakni, daging sapi, daging ayam, telur ayam, serta komoditas cabai, baik itu cabai rawit dan cabai merah. Meski relatif naik harganya, namun masih dapat terjangkau dan terbilang sangat wajar karena permintaan pasar cukup tinggi,” kata Iing kepada Suara Cirebon, saat ditemui di ruangan kerjanya, Senin (18/4/2022).

BACA JUGA: Harga Gas Elpiji 12 Kg Sentuh Angka Rp205 Ribu

Iing memastikan naiknya harga berapa Kepokmas di pasaran dikarenakan suplai yang sangat standar dan tidak seimbang dengan permintaan.

“Permintaan di pasaran sama suplai sangat tidak seimbang, ini menyebabkan harga di pasaran menjadi naik,” kata Iing.

Menurut Iing, bagi masyarakat yang ingin mengetahui naik atau tidaknya harga Kepokmas, dapat mengunjungi akun Instagram DKUKMPP Kota Cirebon.

BACA JUGA: AHY Soroti Langka dan Naiknya Harga Kebutuhan Pokok

“Di Instagram kami, harga Kepokmas terus kami update setiap hari nya,” ujarnya.

Dalam kondisi apapun, Iing meminta agar masyarakat Kota Cirebon tidak panic buying (pembeli barang berlebihan karena takut kehabisan stok, red), karena pemerintah akan selalu memantau naiknya harga Kepokmas.

“Kami pemerintah akan terus memantau Kepokmas, masyarakat tidak perlu panik. Kami juga terus koordinasi dengan pihak lainnya agar Kepokmas mah ini tetap ada,” pungkasnya. (Surya)

Comment