by

IAIN Cirebon dan Unisa Kuningan Teken MoU

CIREBON, SC- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menjajaki kerja sama dengan Universitas Islam Al-Ihya (Unisa) Kuningan. Kedua rektor kampus setempat telah bersepakat dan meneken MoU di bidang tri dharma perguruan tinggi, Kamis (24/3/2022).

Penandatanganan tersebut dilakukan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon sekaligus kunjungan Unisa Kuningan ke IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Ada sejumlah poin yang dicetuskan, seperti bersepakat untuk melakukan kolaborasi sesama perguruan tinggi jadi kebutuhan.

Rektor IAIN Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg mengatakan, pintu kolaborasi IAIN Cirebon telah terbuka lebar bagi perguruan tinggi manapun. Apalagi sesama perguruan tinggi Islam.

BACA JUGA: PJJ IAIN Cirebon Ajukan 5 Program Studi Baru

“Bahwa terbuka sekali bagi kita untuk bersinergi melakukan MoU, melakukan kerja sama dari Tri Dharma Perguruan Tinggi,” kata dia.

Sumanta merasakan betul kebutuhan bekerja atau berkolaborasi dengan pihak lain. Dan pemerintah sudah membuka ruang untuk ini melalui konsep atau kebijakan Kampus Merdeka.

“Karena sesungguhnya masing-masing kampus memiliki kelebihan. Dan saya yakin ada kekurangan,” katanya.

BACA JUGA: Sejumlah Aspek Penilaian Kinerja Dosen di IAIN Cirebon Mengalami Modifikasi

Kelebihan dan kekurangan ini menjadi warna akademik di kampus masing-masing. Dalam Kampus Merdeka yang telah memberikan tawaran untuk belajar di luar kampusnya itu menunjukan bahwa pengayaan terhadap anak didik itu tidak bisa digembleng oleh perguruan tinggi secara mandiri. Harus ada kolaborasi satu dengan yang lainnya.

“Kolaborasi juga telah membuka mata kita semua untuk stake holder yang memakai jasa lulusan kita. Jadi ruang itu dibuka oleh kebijakan Kementerian dan ini sedang dilakukan upaya implementasi dari kebijakan tersebut,” kata Sumanta.

Sementara itu, Rektor Unisa Kuningan, Nurul Iman Bima Amrullah SAg MSi mengatakan, ada hanyak peluang yang bisa dikerja samakan dengan IAIN Cirebon. Pasalnya, Unisa dan IAIN punya fakultas dan program studi yang mirip.

BACA JUGA: Gaet Mahasiswa Baru, FSEI IAIN Cirebon Sosialisasikan 8 Prodi ke Siswa SMA

“Unisa punya 4 fakultas dan 14 program studi. Antaranya Fakultas Ilmu Keislaman, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik dan Fakultas Kesehatan,” ujar Nurul Iman.

Pihaknya berharap kolaborasi dengan IAIN Cirebon dapat segera diimplementasikan dalam bentuk aktivitas yang riil. “Misalnya kolaborasi KKN mahasiswa,” pungkasnya. (Arif)

Comment