by

Ratusan Peternak Mengikuti Bimtek

MAJALENGKA, SC- Ratusan peternak di Kabupaten Majalengka mengikuti kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan ternak. Kegiatan Bimtek yang digelar di gedung pertemuan salah satu hotel itu diselenggarakan oleh Balai Veteriner Subang Direktur Jenderal PKH dan Komisi IV DPR RI.

Kepala Balai Veteriner Subang, Sodirun mengatakan, pengetahuan berbagai hal terkait hewan sangat penting diketahui oleh para peternak. Pengetahuan mengenai kesehatan, perawatan, bahkan penyakit hewan ternak yang dimiliki akan berguna dalam meningkatkan kualitas peternakan.

“Itu kenapa diadakan bimtek pada hari ini, yaitu agar pengetahuan peternak bisa semakin banyak, sehingga kualitas hewan ternak menjadi lebih baik dan menghasilkan,” kata Sodirun, Kamis (24/3/2022).

BACA JUGA: UNU Cirebon Bentuk Prodi Ilmu Peternakan

Menurut Sodirun, selain memberikan pelatihan Balai Veteriner Subang juga membuka akses seluas-luasnya pada peternak untuk bertanya, ataupun melaporkan hal apapun terjkait hewan ternak.Hal itu, kata dia, merupakan bagian dari pelayanan dalam rangka peningkatan kualitas peternakan.

“Jangan ragu untuk bertanya atau menyampaikan hal apapun bila ada persoalan atau penyakit yang menyerang ternak bapak-bapak,” ucapnya. 

Anggota Komisi IV DPR RI, H. Sutrisno yang membuka kegiatan Bimtek mengatakan, bahwa pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan serta wawasan peternak dalam peningkatan produksi peternakan.

BACA JUGA: Peternak Ayam Petelur Terancam Bangkrut

Peserta diberikan berbagai pengetahuan di bidang peternakan oleh narasumber yang memiliki kompetensi di bidangnya. 

”Melalui bimbingan teknis ini kita harapkan dapat meningkatkan sumber daya peternak dalam rangka meningkatkan produktifitas peternakan,” kata Sutrisno. 

Penyelenggaraan bimtek, lanjutnya, merupakan bentuk pelayanan pemerintah kepada rakyatnya agar sejahtera melalui hasil peternakan.

BACA JUGA: Tanaman Liar Jadi Cuan

”Ini merupakan program Pemerintah Pusat bersama DPR RI yang sama-sama menginginkan semakin meningkatnya produksi peternakan. Untuk itu saya berharap peserta dapat mengikuti pemaparan materi oleh para narasumber, dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh melalui kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kualitas peternakan,” harapnya. (Abr)

Comment